Sistem Penjaminan Mutu Internal 2021

6. Ketercapaian Indikator Kinerja Standar Isi Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)

6.1 Kedalaman dan keluasan materi Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Sari Mulia untuk setiap tahun akademiknya mengacu pada standar hasil Pengabdian kepada Masyarakat.
Download

6.1.1 Adanya Renstra PkM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.2 Adanya Panduan PkM Dosen yang diterbitkan oleh LPPM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.3 Adanya Sosialisasi Panduan PkM Dosen

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).
6.2 Kedalaman dan keluasan materi Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa UNISM yang dilakukan pada setiap tahun akademik bersumber dari hasil Penelitian atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Download

6.2.1 Laporan hasil PkM dosen dan mahasiswa yang menggambarkan hilirisasi penelitian terarsip di LPPM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).
6.3 Hasil Penelitian atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh dosen dan mahasiswa pada setiap tahun akademik meliputi: a) hasil Penelitian yang dapat diterapkan langsung dan dibutuhkan oleh masyarakat pengguna; b) pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka memberdayakan masyarakat; c) teknologi tepat guna yang dapat dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat; d) model pemecahan masalah, rekayasa sosial, dan/atau rekomendasi kebijakan yang dapat diterapkan langsung oleh masyarakat, dunia usaha, industri, dan/atau Pemerintah; atau e) Kekayaan Intelektual (KI) yang dapat diterapkan langsung oleh masyarakat, dunia usaha, dan/atau industri
Download

6.3.1 Adanya Kelompok PkM UNISM yang disahkan oleh Rektor UNISM lengkap dengan Program kerja dan capaiannya

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.2 Dosen melaksanakan PkM sesuai road map dosen yang merujuk kepada roadmap PkM PS tergambar pada LPJ PkM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.3 Jumlah PkM d o s e n yang sesuai dengan Road map program studi masing-masing, minimal 80%.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.4 Meningkatnya publikasi, jumlah bahan ajar dari hasil PkM 5% setiap tahunnya

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.5 Meningkatnya jumlah pengabdian yang memuat inovasi dan berguna bagi masyarakat.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.6 Kegiatan PkM sesuai jadwal

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.7 Hasil PkM yang dapat diterapkan langsung dan dibutuhkan masyarakat pengguna;

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.8 Hasil PkM untuk Pengembangan IPTEK dalam rangka memberdayakan masyarakat;

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.9 Hasil PkM ke arah Teknologi Tepat Guna yang dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

1
Base Line - 2020(50%).
2
Periode - 2021(60%).

6.3.10 PkM dengan Model pemecahan masalah, rekayasa sosial dan/ atau rekomendasi kebijakan yang dapat diterapkan langsung oleh masyarakat, dunia usaha, industri, dan/atau Pemerintah;

1
Base Line - 2020(50%).
2
Periode - 2021(60%).

6.3.11 Kekayaan Intelektual (KI) yang dapat diterapkan langsung oleh masyarakat, dunia usaha, dan/atau industry.

1
Base Line - 2020(50%).
2
Periode - 2021(60%).

6.3.12 Adanya LPJ kegiatan bersama LPPM dan Lembaga Inovasi & Enterpreuner yang menghasilkan PkM yang dilakukan dosen dan mahasiswa berorientasi pada luaran yang berupa inovasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat, dunia usaha, dan/atau industri minimal 1 PkM per Tahun Akademik pada setiap PS.

1
Base Line - 2020(0).
2
Periode - 2021(100%).

7. Strategi Pencapaian Standar Isi Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)